Rabu, 06 Mei 2020

Info Lengkap Iklim


Beritahukan Saya -  Untuk kesempatan ini, kita akan membahas pengertian dan elemen iklim menurut semua ahli iklim. Jadi mari kita lihat komentar di bawah ini.

Memahami cuaca itu

Menurut Konferensi Iklim Dunia, iklim adalah sintesis peristiwa iklim selama periode waktu yang panjang atau panjang, yang secara statistik cukup untuk digunakan sebagai nilai statistik yang berbeda dari suatu situasi setiap saat.

Memahami iklim menurut para ahli

1. Konferensi Iklim Dunia, 1979

Menurut Konferensi Iklim Dunia, iklim adalah sintesis peristiwa iklim selama periode waktu yang panjang atau panjang, yang secara statistik cukup untuk digunakan sebagai nilai statistik yang berbeda dari suatu situasi setiap saat.

2. Glenn T. Trewartha, 1980

Menurut Glenn, ia mengungkapkan bahwa iklim adalah konsep abstrak yang membentuk kebiasaan iklim dan juga unsur-unsur atmosfer di suatu wilayah untuk waktu yang lama.

3. Gibbs, 1978

Menurut Gibbs, ia mengungkapkan bahwa waktu adalah peluang statistik dalam berbagai kondisi atmosfer, seperti suhu angin, tekanan, dan kelembaban, yang terjadi di suatu daerah dalam jangka waktu yang lama.

Elemen iklim

  • 1. Radiasi matahari
  • 2. Suhu udara
  • 3. Kelembaban (kelembaban)
  • 4. awan
  • 5. Hujan murah
  • 6. tekanan atmosfer

Penjelasannya

1. Radiasi matahari

Matahari adalah pengatur iklim yang sangat penting di bumi dan merupakan sumber energi terpenting di bumi. Energi matahari ini dipancarkan ke segala arah dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Iradiasi Matahari ke Bumi dipengaruhi oleh keadaan awan dan perbedaan sudut sinar matahari.

2. Suhu udara

Temperatur udara adalah keadaan panas atau udara dingin yang memiliki sifat merambat dan bervariasi di area tertentu. Distribusi horisontal menunjukkan suhu udara tertinggi yang ditemukan di khatulistiwa tropis (garis imajiner ini

membagi bumi di utara dan selatan) dan semakin dingin arah kutub, semakin dingin suhunya. Seperti yang ditunjukkan oleh distribusi vertikal, semakin tinggi tempat, semakin dingin suhu udara. Alat untuk mengukur suhu yang ada dengan termometer.

3. Kelembaban (kelembaban)

Di udara ada air karena penguapan. Semakin tinggi suhu udara, semakin banyak uap air yang dikandungnya. Ini membuat udara lebih lembab. Oleh karena itu kelembaban adalah jumlah kelembaban yang terkandung di udara. Alat pengukur dilengkapi dengan hygrometer.

4. awan

Ini adalah kumpulan titik air atau kristal es yang dihasilkan karena kondensasi uap air di atmosfer, awan dihasilkan karena udara yang mengandung uap air meningkat sehingga suhu turun di bawah titik embun, awan-awan ini bisa padat atau gas.

Secara umum, awan memiliki tiga bentuk, yaitu:


  • Awan sirus (cirrus) atau bulu adalah awan halus seperti serat atau bulu serupa. Sangat tinggi dan biasanya terdiri dari kristal air.
  • Stratus atau awan berlapis adalah awan datar yang hampir tidak memiliki bentuk tertentu. Mereka umumnya berwarna abu-abu dan menutupi langit di area yang luas.
  • Cumulus atau nodul adalah awan tebal dengan gerakan vertikal. Bagian atas berbentuk setengah bola (kubah) atau kubis dan bagian bawahnya rata.

5. Hujan murah

Hujan adalah jumlah hujan yang turun di suatu daerah selama periode waktu tertentu. Untuk menentukan jumlah hujan, alat ukur hujan digunakan, yaitu alat ukur hujan.

Munculnya perubahan iklim adalah karena adanya unsur, yaitu radiasi matahari, kelembaban udara, suhu udara, suhu dan hujan.